BUSINESS PLAN MAMPIRO HIJAB





RINGKASAN EKSEKUTIF

Mampiro hijab adalah suatu perusahaan produksi yang bergerak dibidang fashion. Awal mula usaha kami dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan, dimana kami diminta untuk membuat suatu usaha secara berkelompok. Kami sempat kebingungan untuk memilih usaha apa yang akan jalankan. Dengan menyimpulkan beberapa pendapat, akhirnya kami memutuskan untuk berjualan hijab. Awal mula usaha hijab ini kami beri nama “Mampiro Hijab”. Kami mengambil makna dari bahasa Jawa Mampiro yang artinya silahkan Mampir. Kami tertarik dengan bahasa Jawa yang kami gunakan sebagai brand kami karena Jawa merupakan suatu hal yang sangat tua dan unik, teladan, lemah lembut, dan berintegritas dalam kehidupan. Maka kami berharap dengan munculnya inovasi produk yang kami miliki tersebut, kami harap Mampiro Hijab akan berjalan, melekat, dan memberikan sesuatu integritas yang baik seperti yang dimiliki oleh filosofi Jawa itu sendiri.  Harapan terdekat kami, masyarakat akan senang berkunjung atau mampir ke tempat kami yaitu Mampiro Hijab. Semoga Mampiro Hijab akan terus berkontribusi dalam pelayanan hijab saat ini dan yang akan datang.
Alasan kami menawarkan produk ini adalah saat ini berkerudung menjadi tren tersendiri di kalangan para remaja maupun ibu rumah tangga. Meskipun demikian, berkerudung cenderung melahirkan kesan yang menurut sebagian orang merasa tidak simple dan kurang fashionable. Padahal menutup aurat sendiri adalah kewajiban bagi kaum muslimin. Adapun perempuan yang telah berjilbab tetapi kadang bingung memadupadankan baju dan kerudung sehingga merasa bosan dengan penampilannya. Di sini kami membantu para remaja untuk lebih bisa mengeksplorasi kreativitas dalam berjilbab sehingga terkesan tidak monoton dan lebih menarik. Meningkatkan percaya diri bagi kaum wanita muslim dan membantu wanita muslim untuk senantiasa menutup aurat sesuai dengan yang telah diwajibkan oleh agama.

Ide Usaha :
Ide usaha berawal dari semakin banyaknya para wanita yang membutuhkan produk jilbab yang nyaman di pakai serta nyaman di kantong, kami pun memutuskan untuk memproduksi jilbab yang inshaAllah berkualitas tetapi dapat dijangkau dengan harga yang pas di kantong.


GAMBARAN PERUSAHAAN


Identitas Perusahaan :

1)    Nama perusahaan          :  Mampiro Hijab
2)    Bidang usaha                 :  Fashion
3)    Jenis Produk / Jasa        :  Produk
4)    Alamat perusahaan        :  Dusun Trini, RT 05 RW 07 Sinduadi Mlati, Sleman
5)    No. Telepon / Fax          :  082226766824 (WA)
                                                 082281934484 (WA)
6)    Alamat Email                 :  meliaagustin299@gmail.com
7)    Mulai Berdiri                 :  2 Oktober 2018
8)    Waktu Operasional        : Senin s/d Jumat (Pukul 10.00 - 17.00 WIB)



Visi Dan Misi Perusahaan :

Visi :
Menebarkan kebaikan dan mengajak para wanita untuk melakukan kewajibannya sebagai muslimah yang baik dengan mendorong wanita untuk berjilbab.

Misi :
-            Menjual produk hijab dengan kualitas yang baik dengan harga terjangkau
-            Memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumen


Profil Tim Perusahaan

1.               Nama    : Sabar Utomo
NIM      : 5170211396)
Jabatan  : Ketua

2.                Nama    : Syahril Nur Arifin
NIM      : 5170211393
Jabatan  : Anggota

3.                Nama    : Aisa Amelia Agustin
NIM      : 517021394
Jabatan  : Anggota

4.                Nama    : Putri Novita Sari
NIM      : 5170211395
Jabatan  : Anggota

5.                Nama    : M. Dhifa Ghifari
NIM      : 5170211400
Jabatan  : Anggota

6.                Nama    : Hilman Alifandi
NIM      : 5170211401
Jabatan  : Anggota

Gambaran Sekilas Tentang Produk

Size : 115x115 cm  
Material : Katun Ero
Prize : Rp 23.000 
         
 Produk yang dihasilkan adalah jilbab/ biasa disebut dengan hijab. Hijab yang kami produksi ini kami beri nama MAMPIRO HIJAB. MAMPIRO HIJAB memproduksi hijab yang tidak bermotif alias polos (plain hijab) dan memiliki ukuran hijab 115X115 cm. Walaupun demikian, MAMPIRO HIJAB bisa menerima pesanan sesuai permintaan dari konsumen, seperti ukuran, motif, dan warna. MAMPIRO HIJAB juga melakukan transaksi via Online maupun Offline. Untuk pemesanan dan pembelian secara online bisa dilakukan di social media (Instagram) kami yaitu :
IG : @mampiro.hijab



STRATEGI PEMASARAN


Target Pasar
Sasaran kami yaitu seluruh wanita muslim dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi di tempat yang memang daerah mayoritas penduduknya beragama Islam serta kerap mengadakan perkumpulan. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami pun juga berencana untuk menargetkan pasar diantara lain :
  • Pengunjung Sunmor UGM
  • Muslimah yang ada di sekitar tempat umum (taman/pengajian)
  • Teman sekitar
  • Tetangga sekitar (muslimah)
Kunci strategi pemasaran Mamipro Hijab adalah berfokus pada perempuan muslim yang pada dasarnya memiliki kewajiban sebagai seorang muslimah yaitu mengenakan jilbab. Mampiro Hijab ini masih belum memiliki pasar yang begitu luas, karena Mampiro Hijab ini belum lama baru berdiri dan masih mengembangkan usahanya. Mampiro Hijab membuat produk hijab yang ditujukan oleh perempuan muslimah untuk segala usia dari remaja, dewasa, hingga orang tua. Mampiro Hijab mampu melayani semua permintaan konsumen yang tentunya berbeda beda, mulai dari pilihan warna, kain, ukuran dan jenis jilbab. Mampiro Hijab ini dapat melayani konsumennya dengan baik karena, meskipun permintaan konsumen berbeda beda berdasarkan keinginan permintaan konsumen dan request, produk dari Mampiro Hijab dapat berguna dan bermanfaat untuk semua segmen usia yang berbeda. Selain strategi yang telah disebutkan, Mampiro Hijab juga memiliki ide strategi pemasaran yang lain yaitu seperti memilih tempat yang cocok untuk memasarkan produknya, tempat yang dipilih tentunya tidak sembarangan dan sebelumnya telah dipertimbangkan dengan matang terlebih dahulu. Dengan menggunakan stratrgi pemasaran seperti itu diharapkan nantinya Mampiro Hijab dapat mengembangkan usahanya lebih baik lagi dan dapat mencapai target yang dituju dengan lancar.



ANALISIS PERSAINGAN


Pesaing :
Perusahaan hijab yang telah lebih dulu ada dan telah memiliki brand yang cukup dikenal oleh masyarakat. Mengingat sangat dibutuhkannya hijab pada jaman sekarang khususnya untuk perempuan muslim, jadi banyak perusahaan-perusahaan yang menjual hijab mulai dari perusahaan kecil seperti kami sampai perusahaan besar. Sebagai perusahaan baru tentunya kami harus bersaing dengan perusahaan-perusahaan terkenal yang sudah terlebih dahulu terjun didunia perhijaban. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar yang terlebih dahulu eksis Mampiro Hijab akan memberikan kualitas yang bagus, memberikan harga yang terjangkau, dan menciptakan inovasi-inovasi baru.

Kelebihan dibanding pesaing :
Dalam memproduksi Mampiro Hijab, kami berusaha untuk memberikan produk yang berkualitas dan mempergunakan packaging yang simpel namun juga tetap elegan untuk menambah nilai estetik dan InshaAllah akan menjadi daya tarik dan ciri khas tersendiri bagi Mampiro Hijab.
  

RENCANA DESAIN DAN PENGEMBAGAN

Tujuan Usaha Jangka Panjang
1. Dapat meningkatkan nilai jual produk Mampiro Hijab
2. Dapat menjalin kerja sama / bermitra yang baik dengan para pemasok kain dan penjahit
3. Dapat mendirikan gallery Mampiro Hijab sekaligus sebagai tempat untuk produksi dan berjualan.
4. Penjualan melalui social media (online) dapat lebih meningkat
5. Menjadi perusahaan hijab dan busana muslimah yang terkenal di seluruh wilayah  Indonesia
6. Dapat membuka cabang baru di berbagai daerah dan memperluas pasar Mampiro Hijab

Evaluasi Risiko
Setiap hal tentu memiliki risiko. Demikia pula produk kami akan mendatangkan risiko sebagai berikut :
a. Produk kurang menarik minat muslimah.
    Banyak wanita muslimah, khususnya wanita berjilbab yang kurang memperhatiakan penampilan mereka dikarenakan kesibukan dan kurangnya rasa percaya diri.

b. Jilbab yang monoton
    Adakalanya barang tidak mudah terjual dan memenuhi toko atau bahkan gudang. Sehingga menimbulkan kesan monoton dan menurunkan kualitas produk.

Exit Plan
a. Produk kurang menarik minat muslimah
    Setiap orang pasti memiliki persepsi terhadap apa yang mereka lihat. Cara kami mengantisipasi kurangnya minat konsumen ini adalah dengan melakukan promosi secara mendalam dan menyeluruh. Jadi bukan hanya kami bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Tetapi kami juga bertujuan untuk membantu para wanita memperindah penampilan mereka. Sehingga mereka dapat tertarik untuk memperhatikan dan mencoba produk kami.

b. Jilbab yang monoton
    Dari tampilan jilbab yang ada, kami mencoba untuk berinovasi dengan warna-warna yang lebih banyak lagi agar pilihan jilbab di Mampiro Hijab bisa lebih bervaiatif juga tentunya.


 RENCANA OPERASI

Dengan memanfaatkan peralatan yang ada kami akan berusaha menghasilkan produk-produk mampiro hijab lebih ber inovasi lagi.di bantu dengan tingkat SDM yang menjadi pakar MAMPIRO HIJAB  maka akan sangat membantu proses operasi maupun dalam hal manajemen produk MAMPIRO HIJAB.
Untuk persediaan bahan produksi kami akan selalu siap ketika pesanan dari konsumen telah datang dengan bervarian model dan kapasitas yang di minta.untuk mengatasi kekurangan stok produk permintaan konsumen kami telah mem backup beberapa tempat yang menyedikan kain bahan jilbab.hal ini sangat membantu kami dalam pengambilan bahan-bahan kapan pun dan dalam kondisi apapun.
Namun pada keberlangsungan MAMPIRO HIJAB dalam proses produksi sehari-hari terdapat fukus pemasok , kami memiliki 2 pemasok yang menjadi pemasok langganan.hal ini untuk menciptakan hubungan kerja yang baik dan loyalitas kerja sama yang dapat di jaga untuk perkembangan usaha .
Dari hasil produksi kami pasar sasaran yang dominan adalah kalangan para remaja,dan ibuk-ibuk(wanita).kami akan mendistribusikan produk MAMPIRO HIJAB kepada para penjual hijab  dengan kesepakatan yang telah kami lakukan.
Tidak akan berhenti disini MAMPIRO HIJAB akan terus memantau  selera konsumen dengan membuka forum inovasi masyarakat terkait model,harga,pelayanan,dan kritik atas dasar kepuasan konsumen.untuk menyalurkan hal itu kami telah sediakan akun,blog, CP  kritik dan saran.dari hal ini kami akan mudah memantau terkait perkembangan dan respon masyarakat terhadap produk MAMPIRO HIJAB.
fasilitas :
Dalam setiap pembelian produk Mampiro Hijab, pembeli akan mendapatkan free packaging yang simple dan elegan yaitu paper ribbon Mampiro Hijab yang kami desain langsung secara eksklusif dan InshaAllah akan menjadi ciri khas perusahaan kami, Mampiro Hijab.

Proses Produksi :
Dalam memproduksi produk Mampiro Hijab, kami selalu mencari dan membeli kain di tempat kami biasanya membeli kain-kain tersebut. Dalam proses pemilihan kain pun kami tidak sembarangan. Kami tetap mengutamakan kenyamanan untuk para pembeli juga tentunya, yang InshaAllah akan tetap terasa dingin dan tidak terawang. Setelah melakukan proses pencarian kain, kami pun membawa kain-kain tersebut di tempat penjahit yang biasanya kami menjahitkan produk-produk kami. Jahit yang dilakukan pun memang menggunakan teknik jahit neci yang rapi sehingga hijab juga akan tetap terlihat rapi dan tidak berkerut. Jika proses penjahitan selesai dilakukan, tahap terakhir yaitu proses packaging. Di tahap inilah kami menggunakan packaging yang simple dan elegan yaitu paper ribbon Mampiro Hijab yang kami desain langsung secara eksklusif dan InshaAllah akan menjadi ciri khas perusahaan kami, Mampiro Hijab.



LAMPIRAN


- Desain Logo & Packaging Ribbon Mampiro Hijab








-       







 -  - Produk Mampiro Hijab



 





- Testimoni Mampiro Hijab











- Bazar & Expo Kewirausahaan UTY























Comments

  1. Saya baru saja mengajukan Pinjaman Mobil dari Tn. Pedro dan perusahaan pendanaan investasinya serta Pinjaman Tanpa Subsidi. Setelah melakukan riset pada beberapa pemberi pinjaman, saya memilih Discover karena mereka tampaknya menawarkan beberapa manfaat terbaik di pasar (pada saat ini) dengan suku bunga 2%. Hubungi Tn. Pedro di pedroloanss@gmail.com melalui whatsapp: +393510140339. untuk mengajukan jenis pinjaman apa pun.

    ReplyDelete

Post a Comment