BUSINESS PLAN MAMPIRO HIJAB
RINGKASAN
EKSEKUTIF
Mampiro
hijab adalah suatu perusahaan produksi yang bergerak
dibidang fashion. Awal mula usaha kami dibuat untuk memenuhi
tugas mata kuliah
kewirausahaan, dimana kami diminta untuk membuat suatu usaha secara
berkelompok. Kami sempat kebingungan untuk memilih usaha apa yang akan
jalankan. Dengan menyimpulkan beberapa pendapat, akhirnya kami memutuskan untuk
berjualan hijab. Awal mula usaha hijab ini kami beri nama “Mampiro Hijab”.
Kami mengambil makna dari bahasa Jawa Mampiro yang
artinya silahkan Mampir. Kami tertarik dengan bahasa
Jawa yang kami gunakan sebagai brand kami karena Jawa merupakan suatu hal yang
sangat tua dan unik,
teladan, lemah lembut, dan berintegritas dalam kehidupan. Maka kami berharap
dengan munculnya inovasi produk yang kami miliki tersebut, kami harap Mampiro Hijab akan
berjalan, melekat, dan memberikan sesuatu integritas yang baik seperti yang
dimiliki oleh filosofi Jawa itu sendiri. Harapan terdekat kami,
masyarakat akan senang berkunjung atau mampir ke tempat kami yaitu Mampiro
Hijab. Semoga Mampiro Hijab akan terus berkontribusi
dalam pelayanan hijab saat ini dan yang akan datang.
Alasan kami menawarkan produk ini adalah saat ini
berkerudung menjadi tren tersendiri di kalangan para remaja maupun ibu rumah
tangga. Meskipun demikian,
berkerudung cenderung melahirkan kesan yang menurut sebagian orang merasa tidak simple dan kurang
fashionable. Padahal menutup aurat sendiri adalah kewajiban bagi kaum muslimin.
Adapun perempuan yang telah berjilbab tetapi kadang bingung memadupadankan baju
dan kerudung sehingga merasa bosan dengan penampilannya. Di sini kami membantu
para remaja untuk lebih bisa mengeksplorasi kreativitas dalam berjilbab
sehingga terkesan tidak monoton dan lebih menarik. Meningkatkan percaya diri
bagi kaum wanita muslim dan membantu wanita muslim untuk senantiasa menutup
aurat sesuai dengan yang telah diwajibkan oleh agama.
Ide Usaha :
Ide usaha berawal dari semakin banyaknya para
wanita yang membutuhkan produk jilbab yang nyaman di pakai serta nyaman di
kantong, kami pun memutuskan untuk memproduksi jilbab yang inshaAllah
berkualitas tetapi dapat dijangkau dengan harga yang pas di kantong.
GAMBARAN PERUSAHAAN
Identitas Perusahaan :
1)
Nama
perusahaan :
Mampiro Hijab
2)
Bidang
usaha :
Fashion
3)
Jenis Produk / Jasa :
Produk
4)
Alamat perusahaan : Dusun
Trini, RT 05 RW 07 Sinduadi Mlati, Sleman
5)
No. Telepon / Fax :
082226766824 (WA)
082281934484
(WA)
6)
Alamat
Email :
meliaagustin299@gmail.com
7) Mulai Berdiri :
2 Oktober 2018
8) Waktu Operasional : Senin s/d Jumat (Pukul 10.00 - 17.00 WIB)
Visi Dan Misi Perusahaan :
Visi
:
Menebarkan
kebaikan dan mengajak para wanita untuk melakukan kewajibannya sebagai muslimah
yang baik dengan mendorong wanita untuk berjilbab.
Misi
:
- Menjual
produk hijab dengan kualitas yang baik dengan harga terjangkau
- Memberikan
pelayanan terbaik untuk para konsumen
Profil Tim Perusahaan
1. Nama : Sabar
Utomo
NIM :
5170211396)
Jabatan :
Ketua
2. Nama : Syahril Nur Arifin
NIM :
5170211393
Jabatan :
Anggota
3. Nama : Aisa Amelia Agustin
NIM :
517021394
Jabatan :
Anggota
4. Nama : Putri Novita Sari
NIM :
5170211395
Jabatan :
Anggota
5. Nama : M. Dhifa Ghifari
NIM :
5170211400
Jabatan :
Anggota
6. Nama : Hilman Alifandi
NIM :
5170211401
Jabatan :
Anggota
Gambaran Sekilas Tentang Produk
Size : 115x115 cm
Material : Katun Ero
Prize : Rp 23.000
Produk yang
dihasilkan adalah jilbab/ biasa disebut dengan hijab. Hijab yang kami produksi
ini kami beri nama MAMPIRO HIJAB. MAMPIRO HIJAB memproduksi hijab yang tidak
bermotif alias polos (plain hijab) dan memiliki ukuran hijab 115X115 cm.
Walaupun demikian,
MAMPIRO HIJAB bisa menerima pesanan sesuai permintaan dari konsumen, seperti
ukuran, motif, dan warna. MAMPIRO HIJAB juga melakukan transaksi via Online
maupun Offline. Untuk pemesanan dan pembelian secara online bisa dilakukan di social media (Instagram) kami yaitu :
IG : @mampiro.hijab
STRATEGI PEMASARAN
Target
Pasar
Sasaran
kami yaitu seluruh wanita muslim dari segala usia. Untuk itu kami memulai
promosi di tempat yang memang daerah mayoritas penduduknya beragama Islam serta
kerap mengadakan perkumpulan. Karena kami menganggap promosi akan lebih efektif
jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami pun juga berencana untuk menargetkan pasar
diantara lain :
- Pengunjung Sunmor UGM
- Muslimah yang ada di sekitar tempat
umum (taman/pengajian)
- Teman sekitar
- Tetangga sekitar (muslimah)
Kunci strategi pemasaran
Mamipro Hijab adalah berfokus pada perempuan muslim yang pada dasarnya memiliki
kewajiban sebagai seorang muslimah yaitu mengenakan jilbab. Mampiro Hijab ini
masih belum memiliki pasar yang begitu luas, karena Mampiro Hijab ini belum
lama baru berdiri dan masih mengembangkan usahanya. Mampiro Hijab membuat
produk hijab yang ditujukan oleh perempuan muslimah untuk segala usia dari
remaja, dewasa, hingga orang tua. Mampiro Hijab mampu melayani semua permintaan
konsumen yang tentunya berbeda beda, mulai dari pilihan warna, kain, ukuran dan
jenis jilbab. Mampiro Hijab ini dapat melayani konsumennya dengan baik karena,
meskipun permintaan konsumen berbeda beda berdasarkan keinginan permintaan
konsumen dan request, produk dari Mampiro Hijab dapat berguna dan bermanfaat
untuk semua segmen usia yang berbeda. Selain strategi yang telah disebutkan,
Mampiro Hijab juga memiliki ide strategi pemasaran yang lain yaitu seperti
memilih tempat yang cocok untuk memasarkan produknya, tempat yang dipilih
tentunya tidak sembarangan dan sebelumnya telah dipertimbangkan dengan matang
terlebih dahulu. Dengan menggunakan stratrgi pemasaran seperti itu diharapkan
nantinya Mampiro Hijab dapat mengembangkan usahanya lebih baik lagi dan dapat
mencapai target yang dituju dengan lancar.
ANALISIS PERSAINGAN
Pesaing
:
Perusahaan
hijab yang telah lebih dulu ada dan telah memiliki brand yang cukup dikenal
oleh masyarakat. Mengingat sangat dibutuhkannya hijab pada jaman
sekarang khususnya untuk perempuan muslim, jadi banyak perusahaan-perusahaan
yang menjual hijab mulai dari perusahaan kecil seperti kami sampai perusahaan
besar. Sebagai perusahaan baru tentunya kami harus bersaing
dengan perusahaan-perusahaan terkenal yang sudah terlebih dahulu terjun didunia
perhijaban. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar yang
terlebih dahulu eksis Mampiro Hijab akan memberikan kualitas yang bagus,
memberikan harga yang terjangkau, dan menciptakan inovasi-inovasi baru.
Kelebihan
dibanding pesaing :
Dalam
memproduksi Mampiro Hijab, kami berusaha untuk memberikan produk yang
berkualitas dan mempergunakan packaging yang simpel namun juga tetap elegan
untuk menambah nilai estetik dan InshaAllah akan menjadi daya tarik dan ciri
khas tersendiri bagi Mampiro Hijab.
RENCANA DESAIN DAN PENGEMBAGAN
Tujuan Usaha Jangka
Panjang
1. Dapat meningkatkan
nilai jual produk Mampiro Hijab
2. Dapat menjalin kerja
sama / bermitra yang baik dengan para pemasok kain dan penjahit
3. Dapat mendirikan
gallery Mampiro Hijab sekaligus sebagai tempat untuk produksi dan berjualan.
4. Penjualan melalui
social media (online) dapat lebih meningkat
5. Menjadi perusahaan
hijab dan busana muslimah yang terkenal di seluruh wilayah Indonesia
6. Dapat membuka cabang
baru di berbagai daerah dan memperluas pasar Mampiro Hijab
Evaluasi Risiko
Setiap hal tentu
memiliki risiko. Demikia pula produk kami akan mendatangkan risiko sebagai
berikut :
a. Produk
kurang menarik minat muslimah.
Banyak wanita muslimah,
khususnya wanita berjilbab yang kurang memperhatiakan penampilan mereka
dikarenakan kesibukan dan kurangnya rasa percaya diri.
b. Jilbab
yang monoton
Adakalanya barang tidak
mudah terjual dan memenuhi toko atau bahkan gudang. Sehingga menimbulkan kesan
monoton dan menurunkan kualitas produk.
Exit Plan
a. Produk
kurang menarik minat muslimah
Setiap orang pasti
memiliki persepsi terhadap apa yang mereka lihat. Cara kami mengantisipasi
kurangnya minat konsumen ini adalah dengan melakukan promosi secara mendalam
dan menyeluruh. Jadi bukan hanya kami bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Tetapi kami juga bertujuan untuk membantu para wanita memperindah penampilan
mereka. Sehingga mereka dapat tertarik untuk memperhatikan dan mencoba produk
kami.
b. Jilbab
yang monoton
Dari tampilan jilbab
yang ada, kami mencoba untuk berinovasi dengan warna-warna yang lebih banyak
lagi agar pilihan jilbab di Mampiro Hijab bisa lebih bervaiatif juga tentunya.
RENCANA OPERASI
Dengan memanfaatkan
peralatan yang ada kami akan berusaha menghasilkan produk-produk mampiro hijab
lebih ber inovasi lagi.di bantu dengan tingkat SDM yang menjadi pakar MAMPIRO
HIJAB maka akan sangat membantu proses operasi maupun dalam hal manajemen
produk MAMPIRO HIJAB.
Untuk persediaan bahan
produksi kami akan selalu siap ketika pesanan dari konsumen telah datang dengan
bervarian model dan kapasitas yang di minta.untuk mengatasi kekurangan stok
produk permintaan konsumen kami telah mem backup beberapa tempat yang
menyedikan kain bahan jilbab.hal ini sangat membantu kami dalam pengambilan
bahan-bahan kapan pun dan dalam kondisi apapun.
Namun pada
keberlangsungan MAMPIRO HIJAB dalam proses produksi sehari-hari terdapat fukus
pemasok , kami memiliki 2 pemasok yang menjadi pemasok langganan.hal ini untuk
menciptakan hubungan kerja yang baik dan loyalitas kerja sama yang dapat di
jaga untuk perkembangan usaha .
Dari hasil produksi kami
pasar sasaran yang dominan adalah kalangan para remaja,dan ibuk-ibuk(wanita).kami
akan mendistribusikan produk MAMPIRO HIJAB kepada para penjual hijab
dengan kesepakatan yang telah kami lakukan.
Tidak akan berhenti
disini MAMPIRO HIJAB akan terus memantau selera konsumen dengan membuka
forum inovasi masyarakat terkait model,harga,pelayanan,dan kritik atas dasar
kepuasan konsumen.untuk menyalurkan hal itu kami telah sediakan akun,blog, CP
kritik dan saran.dari hal ini kami akan mudah memantau terkait
perkembangan dan respon masyarakat terhadap produk MAMPIRO HIJAB.
fasilitas :
Dalam setiap pembelian produk Mampiro Hijab, pembeli akan
mendapatkan free packaging yang simple dan elegan yaitu paper ribbon Mampiro
Hijab yang kami desain langsung secara eksklusif dan InshaAllah akan menjadi
ciri khas perusahaan kami, Mampiro Hijab.
Proses Produksi :
Dalam memproduksi produk Mampiro Hijab, kami selalu mencari dan
membeli kain di tempat kami biasanya membeli kain-kain tersebut. Dalam proses
pemilihan kain pun kami tidak sembarangan. Kami tetap mengutamakan kenyamanan
untuk para pembeli juga tentunya, yang InshaAllah akan tetap terasa dingin dan
tidak terawang. Setelah melakukan proses pencarian kain, kami pun membawa
kain-kain tersebut di tempat penjahit yang biasanya kami menjahitkan
produk-produk kami. Jahit yang dilakukan pun memang menggunakan teknik jahit
neci yang rapi sehingga hijab juga akan tetap terlihat rapi dan tidak berkerut.
Jika proses penjahitan selesai dilakukan, tahap terakhir yaitu proses
packaging. Di tahap inilah kami menggunakan packaging yang simple dan elegan
yaitu paper ribbon Mampiro Hijab yang kami desain langsung secara eksklusif dan
InshaAllah akan menjadi ciri khas perusahaan kami, Mampiro Hijab.
LAMPIRAN
- Desain Logo & Packaging Ribbon Mampiro Hijab
-
- - Produk Mampiro Hijab
- Testimoni Mampiro Hijab
-


















Saya baru saja mengajukan Pinjaman Mobil dari Tn. Pedro dan perusahaan pendanaan investasinya serta Pinjaman Tanpa Subsidi. Setelah melakukan riset pada beberapa pemberi pinjaman, saya memilih Discover karena mereka tampaknya menawarkan beberapa manfaat terbaik di pasar (pada saat ini) dengan suku bunga 2%. Hubungi Tn. Pedro di pedroloanss@gmail.com melalui whatsapp: +393510140339. untuk mengajukan jenis pinjaman apa pun.
ReplyDelete